Sains: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia
Vol. 12 No. 2 (2023): EDISI DESEMBER 2023

Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom

Anas Laode (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO)
Dahlan (Unknown)
Rustam Musta (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul: Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dan mengetahui hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning pada materi struktur atom serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok struktur atom. Penelitian di desain dalam Pre-Eksperimen dengan rancangan One group Pretest Postest Design. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas X MIA¹ SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan. Istrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata respon positif siswa untuk model discovery learning berada pada kategori “baik” sebesar 80,59% dan rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIA1 setelah diterapkannya model discovery learning sebesar 80,13. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan model discovery learning dalam proses pembelajaran cukup efektif dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0.70 atau termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

SAINS : Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia Dikelola oleh Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Halu Oleo Kendari sejak tahun 2012 dengan Media Cetak ber-ISSN 2301-5934 dan melakukan penerbitan pertamanya pada bulan April tahun tersebut. Sejak tahun 2021 pada terbitan Volume 10 Nomor 1, mengalami ...