Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game on-line dan social media terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kendari yang berjumlah 198 orang dengan sampel penelitian sebanyak 30% dari populasi yaitu pada kelas XI MIA 3 terdiri dari 34 siswa dan XI MIA 6 terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa quisioner game on-line dan social media. Hasil Analisis data diperoleh nilai hasil uji Parsial (uji t), pada game on-line terdapat pengaruh yang signifikan game on-line terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari dan hasil uji Parsial (uji t), pada social media tidak terdapat pengaruh yang signifikan social media terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari. Hasil analisis koefisien determinasi pada penelitian ini diketahui bahwa pengaruh yang di timbulkan oleh game on-line dan social media tergolong kecil.
Copyrights © 2024