Sains: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia
Vol. 13 No. 1 (2024): EDISI JUNI 2024

Pengaruh Game on-Line dan Social Media terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kendari

Ni Putu Megareta Ayu Pratiwi (Unknown)
Eka Cahyana Mandasari (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO)
Rustam Musta (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game on-line dan social media terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kendari yang berjumlah 198 orang dengan sampel penelitian sebanyak 30% dari populasi yaitu pada kelas XI MIA 3 terdiri dari 34 siswa dan XI MIA 6 terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa quisioner game on-line dan social media. Hasil Analisis data diperoleh nilai hasil uji Parsial (uji t), pada game on-line terdapat pengaruh yang signifikan game on-line terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari dan hasil uji Parsial (uji t), pada social media tidak terdapat pengaruh yang signifikan social media terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari. Hasil analisis koefisien determinasi pada penelitian ini diketahui bahwa pengaruh yang di timbulkan oleh game on-line dan social media tergolong kecil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

SAINS : Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia Dikelola oleh Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Halu Oleo Kendari sejak tahun 2012 dengan Media Cetak ber-ISSN 2301-5934 dan melakukan penerbitan pertamanya pada bulan April tahun tersebut. Sejak tahun 2021 pada terbitan Volume 10 Nomor 1, mengalami ...