Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Volume 3 Nomor 1 Januari 2024

Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa: (Studi Kasus di SDN 1 Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah)

Surahyo Surahyo (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ma’arif Lampung)
Nurwahyudi Nurwahyudi (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'arif Kalirejo Lampung Tengah)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Kegiatan salat berjamaah merupakan suatu kegiatan salat yang dilakukan secara berjamaah, dimana salah satunya adalah imam dan yang lainnya adalah jemaah. Ada kebajikan dan aspek psikologis yang dapat memberikan motivasi sehingga akan membantu membentuk perilaku sosial seseorang. Dalam melaksanakan salat berjamaah, siswa yang menerapkan kedisiplinan memiliki indikasi seperti mengikuti salat berjamaah secara rutin, tiba di mushola tepat waktu, belajar mandiri, dan mengerjakan tugas dengan baik. Perilaku disiplin ini akan berimplikasi pada kecerdasan emosional siswa. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk merasakan, memahami dan secara efektif menerapkan kekuatan dan kecerdasan emosi dan sebagai sumber energi manusia, informasi, hubungan dan pengaruh. Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan adalah dengan menciptakan kepribadian yang luhur dan kecerdasan emosional bagi peserta didik. SDN Bumi Rahayu melaksanakan kegiatan ibadah sehari-hari, misalnya shalat berjamaah. SDN Bumi Rahayu memiliki latar belakang keluarga yang berbeda. Mereka tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang penuh dari orang tuanya. Selain itu, dalam hal pendidikan anak kurang diperhatikan, terutama pendidikan informal. Diketahui bahwa banyak sekali permasalahan yang terjadi antara siswa yang satu dengan yang lain di luar jam pelajaran, seperti saling mengejek, dan kesalahpahaman. Dengan dilaksanakan nya program pembiasaan ini sangat tepat guna untuk mengatasi permasalahan siswa yaitu menanamkan kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu dan juga untuk pembinaan moral dan pengendalian emosi siswa. Kebiasaan sholat Dhuha dilakukan setiap hari jumat pagi dua kali dalam sebulan yaitu minggu pertama dan ketiga dan sholat dzuhur berjamaah dilakukan setiap hari kecuali hari jumat untuk kalangan atas. Dampak Program Sholat berjamaah dalam Pembentukan Kecerdasan Emosi Siswa yaitu dengan pembiasaan sholat berjamaah siswa dapat menyadari pentingnya rasa persaudaraan, ketertiban dan kepedulian terhadap teman, serta siswa lebih siap belajar dengan percaya diri dalam berekspresi , serta dapat mengendalikan emosi dan amarah, selain itu pikiran dan hati siswa juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam untuk Transformasi Sosial, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...