Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2024): Juni 2024

Pengembangan Produk Batik dalam Usaha Menarik Minat Anak Muda Terhadap Produk Khas Kelurahan Dandangan

Wikan Sasmita (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Muhammad Najibulloh Muzaki (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rika Nur Safitri (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Randy Mattin Arro’uf (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Lutfi Verdia Lensi (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Muhammad Alfian NF (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rizki Azhar (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sanggita Nur Fadila (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Mathilda Yosephine J.T (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Ananda Tria Budi Pertiwi (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Andara Sintho Retnoningtya (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Farhan Darnanda (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Maulana Reza Darmawan (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Mahesa Difa Ramadhan (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Alfin Dhohan F.E (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
M. Andre Arif Wahyu.S (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Riski Nurwahyudi (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Pramadani Kusuma Fadila (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Alfian Tri Puji Saputra (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Usaha padat karya, khas batik kelurahan Dandangan kota Kediri lebih mengandalkan tenaga manusia dibandingkan mesin dalam menyelesaikan produksinya. Motif batik diciptakan oleh pemilik khas batik, proses produksinya tidak memerlukan tenaga ahli. Anak muda masa kini lebih menyerap budaya timur dan barat, minat terhadap batik rendah. Tujuan pengembangan produk batik agar anak muda menyukai batik mulai dari memakai dan bahkan membuat sehingga menarik minat anak muda terhadap produk lokal batik khas. Metode yang digunakan adalah pendekatan analisis data non-statistik yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan penelitian, tipikal UMKM di kelurahan Dandangan kota Kediri menerapkan tiga strategi pengembangan perudahaan sebagai berikut: 1. Strategi inovasi dalam mengembangkan standar produk, 2. Strategi inovasi kualitas produk, 3. Membuka program pembelajaran bagi generasi muda untuk membangkitkan rasa nasionalisme terhadap budaya membantik. Hasil menunjukkan produksi batik meningkat, kualitas batik menjadi lebih baik, rasa nasionalisme dan budaya membatik anak muda di kelurahan Dandanngan kota Kediri semakin baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arc

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Public Health

Description

Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan ...