Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJRAN SMART MELALUI PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KIRITIS MATEMATIS BERDASARKAN KECERDASAN MI

Pratama, Restu Alam (Unknown)
Mujib, Mujib (Unknown)
Netriwati, Netriwati (Unknown)
Mardiyah, Mardiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Beberapa penelitian sebelumnya telah mengimplementasikan model SMART, tetapi belum ada yang menilai tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui model tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi model pembelajaran SMART melalui pendekatan bridging analogy terhadap kemampuan berpikir kritis matematika berdasarkan Multiple Intelligence (MI). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimental Design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket, sedangkan analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SMART melalui pendekatan bridging analogy memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Selain itu, MI siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Namun, tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran SMART melalui pendekatan bridging analogy dengan MI terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...