Karakteristik konsumen pempek mempengaruhi pembelian pempek. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen berdasarkan faktor budaya, sosial, psikologis. Penelitian ini dilaksanakan di Pempek Lala, Chaplin, Sultan, Flamboyan, Beringin, dan Terkenal Palembang, Sumatera Selatan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) mengingat bahwa semakin banyak objek dengan variatif harga yang berbeda diharapkan dapat menjangkau responden lebih merata. Penelitian lapang dilaksanakan pada Bulan Mei-Juni 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang berkaitan dengan situasi yang memerlukan teknik pengumpulan data tertentu seperti wawancara, angket atau observasi dengan harapan dapat memperoleh gambaran nyata di lapangan. Analisis yang digunakan adalah analsis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial, budaya, dan psikologis dirasakan oleh konsumen berpengaruh terhadap karakteristik konsumen.
Copyrights © 2024