Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol. 7 No. 2 (2024): VOLUME 7 NOMOR 2, MARET 2024

EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

Tarisa, Alya (Unknown)
Nugraha, Via (Unknown)
Wuriyani, Woro (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Keterampilan menulis teks yang perlu dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP salah satunya adalah teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning pada keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Kelas VIII SMP Bhakti Mulya yang berjumlah 24 orang merupakan subjek penelitian ini. Data didapat berdasarkan hasil penilaian pretest serta posttest, dengan teknik analisis dengan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan project based learning rata-rata nilai yaitu 50, dan setelah digunakannya model project based learning rata-rata nilai peserta didik yakni 80. Diperoleh nilai n-gain dari pretest dan posttest sebesar 69% yang termasuk kriteria cukup efektif. Hasil tersebut menerangkan bahwa model project based learning cukup efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi SMP kelas VIII..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

parole

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focus of Parole journal is a media for diseminating the result of research about language, literature, and language and literature education in Indonesia. Scope of Parole journal publishes the research article in language, literature, language and literature education in Indonesia. ...