Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 1 (2024)

Habituasi Shalat Tahajud dan Pengendalian Diri Santri di Komplek Pesantren

fadhila, lestari (Universitas Alma Ata)
Izzah, Lathifatul (Universitas Alma Ata)
Ilyasir, Fiska (Universitas Alma Ata)
Kholik, Nur (Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana habituasi shalat Tahajud dan pengendalian diri santri di Komplek Khadijah Tahfidz Pendowoharjo Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui habituasi shalat Tahajud di komplek Khadijah Tahfidz Pondok Pesantren An Nur Ngrukem. Penelitian ini menunjukkan bahwa habituasi shalat Tahajud dibagi dalam tiga indikator yang meliputi, (1) rutin, (2) spontan, (3) keteladanan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian diri santri yang memiliki pembiasaan shalat Tahajud, dapat meliputi tiga jenis yaitu, (1) kontrol perilaku, (2) kontrol kognitif, (3) kontrol dalam mengambil keputusan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Habituasi shalat Tahajud dalam membentuk pengendalian diri santri di komplek khadijah tahfidz biasa dilakukan oleh santri dengan tiga indikator, yaitu dengan rutin, spontan dan tidak ada paksaan, serta keteladanan dalam melakukan habituasi shalat Tahajud. 2) Pengendalian diri santri di Komplek Khadijah Tahfidz Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul bagi santri yang memiliki habituasi shalat Tahajud dengan indikator rutin, spontan, dan keteladanan dapat diklasifikan menjadi tiga bentuk pengendalian diri, yaitu pengendalian diri dalam kontrol perilaku, pengendalian diri dalam kontrol kognitif, dan pengendalian diri dalam kontrol mengambil keputusan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...