Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 3 (2024)

Pengaruh Metode PQRST dalam Keterampilan Pemahaman Membaca Teks Biografi pada Kelas X di SMK Bina Karya 2 Karawang

Watialfiana, Irna (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Suprihatin, Dewi (Unknown)
Triyadi, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi peserta didik SMK Bina Karya 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Desain quasi eksperimen yaitu Nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas X SMK Bina Karya 2 Karawang. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X SMK Bina karya 2 Karawang yang berjumlah 50 orang. Data dalam penelitian ini merupakan skor keterampilan membaca teks biografi sebelum dan sesudah menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas X di SMK Bina karya 2 Karawang. Hasil penelitian pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakukan tetap menggunakan metode konvensional peserta didik memperoleh nilai rata-rata 65.60 ,sedangkan kelas eksperimen yang diberikan perlakukan dengan diterapkannya metode PQRST memperoleh nilai rata-rata 87.40. Hasil analisis data yang telah dilakukan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen sampel tes pada taraf siginifikansi (sig) 50% menunjukkan bahwa penggunaan metode PQRST memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi dengan thitung 0,01 > ttabel. uji N-gain dengan memperoleh kelas eksperimen dengan nilai rata-rata N-gain score yaitu 0,6174 dilihat dari kriteria Gain ternormalisasi masuk dalam kategori sedang, sementara itu pada perhitungan N-gain persen yaitu 61.7413 atau 61,7% masuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan metode PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi peserta didik kelas X SMK Bina Karya 2 Karawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...