Saliha : Jurnal Pendidikan dan Agama Islam
Vol. 7 No. 2 (2024): SALIHA : Jurnal Pendidikan dan Agama Islam

Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik

M. Salis Fathoni (Unknown)
Muhammad Fahmi (Unknown)
Imam Syafi’i (Unknown)
Muhammad Azam Kholilurrohman (Unknown)
Muh. Syafiun Nuroyn (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap prestasi belajar peserta didik di MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dan angket dengan skala likert Teknik analisis data menggunakan uji Paired T-test. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Hasil analisis model pembelajaran Flipped Classroom dengan uji paired T-test pada program komputer SPSS terhadap Prestasi Belajar siswa efektif dengan diperoleh Sig. 0,00 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima karena adanya adanya efektivitas Flipped Classroom dalam meningkatkan Prestasi Belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan angket dari respon siswa Kelas X MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik menunjukkan bahwasanya validitas dan reliabilitas instrumen penelitian juga terbukti dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0.740, menunjukkan bahwa setiap pernyataan dan pertanyaan dalam penelitian ini valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

saliha

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Saliha : Jurnal Pendidikan dan Agama Islam journal welcome papers from academicians on theories, philosophy, conceptual paradigms, academic research, as well as religion practices. In particular, papers which consider the following general topics are invited. Islamic Education Islamic Law Islamic ...