Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 4 No 1 (2024): JPTI - Januari 2024

Service Quality Pembelajaran dan Sarana Belajar Terhadap Kepuasan Siswa di SMP IT Harapan Umat Ngawi

Mauludin, Iqwan (Unknown)
Supriyanto, Achmad (Unknown)
Rochmawati, Rochmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah yang belum mengetahui secara pasti seberapa besar tingkat kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran dan sarana belajar di SMP IT Harapan Umat Ngawi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pembelajaran dan sarana belajar terhadap kepuasan siswa di SMP IT Harapan Umat Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuanitatif dengan model survei. Dari hasil penelitian menunjukkan kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran berada pada kategori “Sangat Rendah” sebesar 0% (0 siswa), dalam kategori “Rendah” sebesar 8,3% (6 siswa), dalam kategori “Sedang” sebesar 9,7% (7 siswa), sementara kategori “Tinggi” sebesar 59,7% (43 siswa), dan “Sangat Tinggi” sebesar 22,2% (16 siswa). Sementara itu pada sarana belajar kepuasan siswa berada pada kategori “Sangat Rendah” sebesar 0% (0 siswa), dalam kategori “Rendah” sebesar 4,2% (3 siswa), dalam kategori “Sedang” sebesar 19,4% (14 siswa), sementara kategori “Tinggi” sebesar 65,3% (47 siswa), dan “Sangat Tinggi” sebesar 11,1% (8 siswa). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran berada pada tingkat tinggi dengan prosentase 59,7% dan tingkat kepuasan siswa terhadap sarana belajar berada pada tingkat tinggi dengan prosentase 65,3%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...