CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 1 (2024): EDISI FEBRUARI

PENGARUH MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I GUGUS 3 KECAMATAN PANJI

Rosalinda, Rosalinda (Unknown)
Husein, Ach. Munawi (Unknown)
Eka Suarmika, Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Curah Jeru, sedangkan kelas eksperimennya adalah SD Negeri 5 Mimbaan. Quasi Experimental Post Test Only merupakan metodologi penelitian yang diadopsi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model STAD yang didukung kartu berdampak pada kemampuan membaca siswa pada mata kuliah bahasa Indonesia, serta bentuk bahan bacaan dan aktivitas profesional lainnya di dunia luar. Hasil uji normalitas sig = 0,200 untuk post test kelas eksperimen dan sig = 0,058 untuk post test kontrol menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi Based On Mean sebesar 0,530 yang menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Hasil uji T diperoleh sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena itu, H1 disetujui dan H0 ditolak. Dapat disimpullkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...