CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 2 (2024): Edisi Mei

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 GUGUS 03 KECAMATAN MANGARAN SITUBONDO

Arifin, Nurul Firdayanti (Unknown)
Puspitaningtyas, Amalia Risqi (Unknown)
Yulianto, Dodik Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitiani inii bertujuani untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasili Belajari IPA Siswai Kelasi 4 Gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo. Metode Penelitiani yangi digunakani dalami skripsii inii menggunakani metodei Quasi eksperiment itipe nonequevailent posstest only control group.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhimodel pembelajarani Word Square untukimeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 gugus 03 kecamatan mangaran situbondo. Hasil analisisiterhadap dataipenelitian menjawabihipotesis penelitian. Hal tersebut dibuktikanipada hasil ujiiIndependent SampleiTest padaiuji hipotesisiuji t diperolehinilai Equalivariances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukkan hasil belajar siswa adalah sebesar sebesar 0,041 < 0,05, maka Ha diterima. Jadi dapatidisimpulkan bahwaiterdapat pengaruhipenggunaan modelipembelajaran Word Square untuk meningkatkani hasil belajari IPA siswai kelasi 4 gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...