Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 2 (2024): JPMI - April 2024

Pelatihan Literasi Media Digital Sebagai Upaya Marketing Digital Pada TK Insan Mandiri

Tita Melia Milyane (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)
Amalia Djuwita (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)
Sri Wahyuning Astuti (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)
Muhammad Gathan (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)
Moh Honey Firdaus (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Media digital berkembang di Indonesia sejak tahun 2000 hingga sekarang. Perkembangan pesat media digital dan dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, tidaklah membuat orang memahami betul manfaat positif dari media digital ini. Sebagian besar orang menggunakan media digital untuk ekspose diri, sebagian lagi untuk kepentingan pertemanan, pencarian informasi dsb. Salah satu perkembangan media digital yang penting saat ini adalah manfaatnya untuk kepentingan marketing, termasuk marketing di lingkup Pendidikan. TK Plus Insan Mandiri adalah salah satu sekolah yang belum memanfaatkan peluang ini, sehingga kondisi siswa di sekolah ini setiap tahun mengalami penurunan yang signifikan.  Untuk itu, kami team pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan media digital untuk menunjang marketing digital sekolah dengan tujuan agar Guru dan Orang Tua siswa dapat memiliki kemampuan melek media digital dan memanfaatkannya untuk marketing sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan abdimas ini adalah melalui pelatihan pendampingan literasi media digital pada guru dan orang tua siswa TK Plus Insan Mandiri, dimana pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari. Peserta pelatihan adalah seluruh Guru dan Orang tua siswa (masyarakat sasar). Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman peserta masyarakat sasar dalam literasi media digitalnya untuk kepentingan marketing sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat sasar dalam melek media digital. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah adanya perubahan ketrampilan dan kemampuan masyarakat sasar dalam memahami manfaat media digitalnya sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah siswa dis ekolah ini. Adapun luaran kegiatan ini adalah tayangan kegiatan di You Tube, publikasi media massa digital, materi power point serta publikasi di jurnal nasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...