Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh media ular tangga terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN 2 Telaga Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh permainan ular tangga terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas III SDN 2 Telaga Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun sampel yang di ambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “ Terdapat Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika di SDN 2 Telaga Jaya”. Berdasarkan hasil penilitian yang diperoleh menunjukkan hasil pre test dari 22 siswa terdapat 49,95% siswa yang memiliki minat belajar yang termasuk kategori minat belajar matematika rendah, sedangkan pada hasil post test dari 22 siswa terdapat 77,54 % Siswa yang memiliki minat belajar matematika yang termasuk kategori minat belajar matematika sangat tinggi. Maka hasil minat belajar matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 27,59%. Hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung = 0,000 < ttabel = 0,05 dengan kriteria uji hipotesisnya yaitu, Jika nilai signifikan uji t < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh media ular tanga terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas III di SDN 2 Telaga Jaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023