Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Politik Pemenangan Dedi Hamzah pada Pemilihan Umum DPRD Provinsi Gorontalo tahun 2019 di Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dengan memanfaatkan sumber data baik dari data primer maupun data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dedi Hamzah menerapkan tiga strategi pemenangan. Pertama, melalui upaya sosialisasi dan komunikasi politik menggunakan media kampanye dan pertemuan langsung dengan masyarakat. Kedua, dengan menerapkan pendekatan Basis Massa, Dedi Hamzah berhasil memetakan basis massa dukungan melalui pendekatan persuasif dan fokus pada kelompok-kelompok yang lebih mengorientasikan pada penguatan ikatan emosional. Ketiga, dengan melakukan penguatan dan komitmen, Dedi Hamzah berhasil mengawal basis massa dan memperkuat keputusan politik, menciptakan komitmen antara pemilih dan calon. Selanjutnya, faktor kemenangan Dedi Hamzah di Kecamatan Wonosari sangat dipengaruhi oleh ketokohan, di mana pengaruh ketokohan menjadi pertimbangan pemilih dan efektif dalam memperkuat strategi kemenangan. Faktor kandidat juga memainkan peran kunci, dengan adanya kedekatan emosional, rekam jejak, dan citra calon yang berpengaruh pada keputusan politik pemilih. Jejaring sosial dari media massa hingga keluarga dan kekerabatan juga menjadi faktor pengikat yang signifikan antara pemilih dan calon. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika politik lokal dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang kandidat dalam konteks pemilihan umum. Kata Kunci: Strategi Pemenangan, Dedi Hamzah, Pemilu 2019
Copyrights © 2023