Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 7 No. 1 (2024): Vol. 7. No 1 (2024) : Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PROBLEMATIKA GURU PAUD DALAM PENGEMBANGAN PROFESI DILIHAT DARI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Asah Siti KF (Universitas Pendidikan Indonesia)
Risbon Sianturi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Gilar Gandana (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Problematika dalam penerapan krikulum merdeka berpengaruh terhadap pengembangan profesi Guru PAUD dimana Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bersifat fleksibel memudahkan para guru dalam melaksanakan metode pembelajaran sehingga dapat menggunakan media atau fasilitas yang terdapat di lingkungan sekitar. Disamping itu terdapat kendala yang dialami guru PAUD dalam menerapkan kurikulum merdeka. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode studi kasus. Pengambilan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dialami guru PAUD dalam mengembangkan profesi dilihat dari penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian di TK Kartika Cangkurileung Brigief Raider 13 guru masih mengalami masalah dalam penerapan kurikulum merdeka, diantaranya dari kesiapan guru yang harus menyusun kurikulum secara mandiri penyesuaian proses adaptasi dari pembaharuan kurikulum yang dahulu, kondisi sumber daya baik secara financial dan tenaga pendidik yang di tuntut untuk kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang tersedia, dan sulitnya penerimaan orang tua karena kurangnya pengetahuan tentang kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pernik

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood ...