COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 7 No. 5 (2024)

Pembelajaran daring materi bangun datar pada siswa sekolah dasar kelas II dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL)

Riska Andini (PGSD IKIP SILIWANGI)
Siti Ruqoyyah (PGSD IKIP Siliwangi)
Sylvia Rabbani (PGSD IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon siswa dan guru, kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas dan kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring. Adanya wabah COVID-19 memberikan dampak pada pendidikan yaitu pembelajaran yang semula secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Semua pembelajaran dilaksanakan secara daring, salah satunya pembelajaran matematika mengenai bangun datar. Melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), siswa dapat membuat konsep bangun datar menjadi sesuatu yang konkret dan dapat digunakan untuk mengurangi kesulitan dalam pembelajaran secara daring sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, angket dan wawancara. Pencapaian dari penelitian ini menunjukkan hasil yang diharapkan. Respon siswa dan guru sangat baik serta hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Pemahaman materi bangun datar siswa lebih baik dibandingkan sebelum mendapat pembelajaran dengan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...