COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 7 No. 4 (2024)

Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di sekolah dasar

Elan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mita Safitri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 10 tahun terakhir (2019-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media  pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan.  Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...