COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 7 No. 3 (2024)

Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD

Rizal Abdul Latip (IKIP Siliwangi)
Ronny Mugara (IKIP Siliwangi)
Anugrah Ramadhan Firdaus (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam karena kurangnya ketertarikan terhadap mata pelajaran tersebut oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang menariknya metode penyampaian materi yang dirasa membosankan bagi para siswa, sehingga berimbas terhadap pemahaman siswa akan pentingnya IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint Inkuiri dengan bantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kemampuan pemahaman siswa, terbukti dari perbandingan peningkatan nilai pretest dan posttest pada hasil uji coba media secara terbatas dan luas. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah diimplementasikannya media selama proses pembelajaran. Kata Kunci : PowerPoint Interaktif, Model Inkuiri, Materi Gaya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...