Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 10 No. 2 (2020): Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Metode Problem Based Learning untuk Mengklasifikasikan Argumen Mahasiswa PGSD terhadap Masalah

Maulyda, Mohammad Archi (Unknown)
Indraswati, Dyah (Unknown)
Affandi, Lalu Hamdian (Unknown)
Nursaptini, Nursaptini (Unknown)
Astria, Fitri Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan jenis-jenis argument yang diberikan mahasiswa ketika menyelesaikan masalah. Metode penelitian yang gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa PGSD Universitas Mataram yang telah melaksanakan perkuliahan dengan metode PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa argument mahasiswa terbagi menjadi 3 jenis kategori yakni, (1) True-False Argument; (2) Good-Bad Argument; dan (3) PolicyArgument. Jenis argument yang paling sering digunakan mahasiswa adalah True-False Argumen dimana subjek dalam kelompok ini cenderung memberikan pernyataan untuk membenarkan pendapatnya atau menyanggah pendapat orang lain. Sedangakan subjek dalam kelompok Good-Bad Argument cenderung melihat argument berdasarkan kebermanfaatan dan implementasi pernyataanya secara nyata. Untuk jenis argument Policy Argument subjek dalam kelompok ini cenderung tidak menggunakan teori-teori individual (personal) namun menggunakan data Undang-Undang atau kebijakan pemerintah sebagai landasan argumenya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

adzka

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Journal Al Adzka Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah have a number p-ISSN: 2088-9801 and e-ISSN:2597-937X Al-Adzka is a Journal that published scientific study of research results on primary education which contributes to the understanding, development of theories and concepts of ...