Kabupaten Malang memiliki penyelenggara pengelolaan air minum yang bernama Perumda Tirta Kanjuruhan. Salah satu unit pelayanannya yakni Unit Singosari yang melayani wilayah Kecamatan Singosari dengan jumlah pelanggan 11.328 SR. Sumber Tlogo merupakan salah satu sumber dengan pelanggan terbanyak yakni sebanyak 4.432 SR dan melayani 5 desa. Beberapa pelanggan Unit Singosari yang mendapatkan air dari Sumber Tlogo hingga saat ini belum mendapatkan air secara kontinyu. Perumda Tirta Kanjuruhan bertanggung jawab untuk memberikan layanan penyediaan air bersih terbaik kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini antara lain menyalakan kinerja Perumda Tirta dalam memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan Sumber Tlogo, memformulasikan strategi dalam memasok kebutuhan air bersih, dan menentukan strategi alternatif dalam memenuhi kebutuhan air bersih yang berasal dari Sumber Tlogo. Berdasarkan hasil penilaian kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan Unit Singosari diperoleh nilai total kinerja sebesar 3,243, yakni kategori sehat berdasarkan BPPSPAM. Hasil analisis SWOT diperoleh alternatif strategi SO yakni, memperluas wilayah pelayanan dan penambahan kapasitas produksi, mengganti ukuran pipa dan melaksanakan uji kualitas air rutin dan melakukan evaluasi, melakukan sosialisasi mengenai pentingnya air dan cara menjaga ketersediaan air bersih, meningkatkan kualitas pelayanan air minum. Berdasarkan hasil analisis QSPM diperoleh prioritas strategi berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan skor TAS sebesar 7,02.
Copyrights © 2024