Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Repetisi)
Vol. 6 No. 2 (2023): REPETISI VOLUME 6 NOMOR 2

Efektivitas Model Cooperative Learning Type Round Table dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Windusari

Devi Runtiyani (Unknown)
Ayu Wulandari (Unknown)
Mashud Syahroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari masih kurang efektif dan menarik bagi siswa. Dalam penelitian ini, digunakan model Cooperative Learning Type Round Table untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Pretest dan Posttest Kontrol Group Design. Subjek penelitian yaitu 36 siswa dalam kelompok eksperimen dan 36 siswa dalam kelompok kontrol dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling pada kelas X SMK Negeri 1 Windusari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan yaitu kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model Cooperative Learning Type Round Table mencapai kenaikan rerata skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Rerata skor siswa yang diajar dengan model tersebut adalah 88,19 dengan kenaikan rerata sebesar 22.500, sedangkan siswa yang tidak diajar dengan model tersebut mencapai 85,97 dengan kenaikan rerata sebesar 18.888. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning Type Round Table efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari.Kata kunci: cerpen, Cooperative Learning Type Round Table, efektifitas, menulis, pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

repetisi

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan keilmuan bidang pendidikan, bahasa, ...