Pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari masih kurang efektif dan menarik bagi siswa. Dalam penelitian ini, digunakan model Cooperative Learning Type Round Table untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Pretest dan Posttest Kontrol Group Design. Subjek penelitian yaitu 36 siswa dalam kelompok eksperimen dan 36 siswa dalam kelompok kontrol dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling pada kelas X SMK Negeri 1 Windusari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan yaitu kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model Cooperative Learning Type Round Table mencapai kenaikan rerata skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Rerata skor siswa yang diajar dengan model tersebut adalah 88,19 dengan kenaikan rerata sebesar 22.500, sedangkan siswa yang tidak diajar dengan model tersebut mencapai 85,97 dengan kenaikan rerata sebesar 18.888. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning Type Round Table efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari.Kata kunci: cerpen, Cooperative Learning Type Round Table, efektifitas, menulis, pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023