Jurnal Media Informatika
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Media Informatika

Perkembangan Kognitif dan Landasan Mendidik Siswa di SD PAB 12 SAMPALI

Amelia Putri, Winda (Unknown)
Suyono, Suyono (Unknown)
Salbila, Isal (Unknown)
Adella, Sindy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Perkembangan kognitif sendiri menjadi salah satu bagian terpenting dari proses perkembangan peserta didik. Kognitif juga merupakan istilah yang berasal dari kata “cognition” yang memiliki arti mengetahui. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut beberapa teori yaitu teori Jean Piaget, Jerome Brunner, Ausuble, dan Vygotsky. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data bersifat studi Pustaka atau library research. Artinya dalam kajian ini peneliti mengumpulkan data melalui literatur tertulis atau sumber-sumber informasi dan berbagai data lainnya yang dapat menunjang penulisan artikel ini didalam kepustakaan. Penelitian ini memfokuskan pada salah satu perkembangan kognitif yaitu Jean Piaget dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan dari teori Piaget dapat membantu para pendidik untuk memahami tahap dan karakteristik perkembangan kognitif peserta didik, yaitu dalam hal menentukan taraf kognitif dan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jumin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

1. IT Infrastructure and Security (ITIS): Information Security and Privacy Digital Forensics Network Security Cryptography Cloud and Virtualization Emerging Technologies Computer Vision and Image Ethics in Information Systems Human Computer Interaction Wireless Sensor Networks Medical Image Analysis ...