Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Siberut Utara. 2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Siberut Utara. 3) pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Siberut Utara. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh populasi penelitian dijadikan objek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil peneilitain ini menunjukkan 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Siberut Utara. Ini di buktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 4,29 dan nilai thitung (2,419) pada ttabel (1,987) signifikan 0,05, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelejaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Siberut utara. Ini di buktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 3,93 dan nilai thitung (2,758) dan pada ttabel (1,987) dan taraf signifikan 0,05. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Siberut Utara. Ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (6,690) > Ftabel (3,10) pada signifikan 0,05.
Copyrights © 2023