Gerakan literasi sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan minat membaca dan juga menulis di sekolah sehingga terciptalah wawasan dan pola pikir yang kritis. Penerapan literasi di sekolah telah dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP IT AL-A’LAM Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi yang dilaksanakan oleh siswa kelas VIII SMP IT AL-A’LAM Kabupaten Indragiri Hulu Riau hanya sampai pada tahap pembiasaan. Keterampilan membaca siswa tahap recording, decoding, dan meaning tingkat taksonomi Bloom yang paling banyak dicapai siswa adalah C1 (mengingat). Manfaat yang diperoleh oleh siswa setelah literasi yaitu mampu memahami suatu informasi dengan baik, mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru, mampu berkomunikasi dengan baik, memperkaya perbendaharaan kosa kata, membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi, mampu merangkai kata yang bermakna, dan mampu memecahkan permasalahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024