EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL
Vol. 2 No. 1 (2024): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE 2024)

PENERAPAN LITERASI SEBAGAI PEMBIASAAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP IT AL-A’LAM KABUPATEN INDRAGIRI HULU RIAU

Siti Ayuni (Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Ekasakti)
Zuraida Khairani (Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Ekasakti)
Eva Fitrianti (Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Ekasakti)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Gerakan literasi sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan minat membaca dan juga menulis di sekolah sehingga terciptalah wawasan dan pola pikir yang kritis. Penerapan literasi di sekolah telah dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP IT AL-A’LAM Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi yang dilaksanakan oleh siswa kelas VIII SMP IT AL-A’LAM Kabupaten Indragiri Hulu Riau hanya sampai pada tahap pembiasaan. Keterampilan membaca siswa tahap recording, decoding, dan meaning tingkat taksonomi Bloom yang paling banyak dicapai siswa adalah C1 (mengingat). Manfaat yang diperoleh oleh siswa setelah literasi yaitu mampu memahami suatu informasi dengan baik, mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru, mampu berkomunikasi dengan baik, memperkaya perbendaharaan kosa kata, membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi, mampu merangkai kata yang bermakna, dan mampu memecahkan permasalahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eesj

Publisher

Subject

Education

Description

EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (EESJ) is published by the Teaching Faculty of Education, Ekasakti University, Padang, Indonesia. (EESJ) publishes research articles in education that report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and ...