Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 2 (2024): May-Agustus 2024

Implementasi Hasil Evaluasi Program Praktek Kerja Industri melalui Model CIPP di Sekolah Menengah

Nasirudin, Ahmad (Unknown)
Triana, Dinny Devi (Unknown)
Mahdiyah, Mahdiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan adalah masalah pendidikan terbesar di Indonesia. Indonesia berada di peringkat 62 dari 140 negara dalam pilar keenam keterampilan, menurut statistik dari Global Human Capital. Situasi ini menunjukkan betapa sumber daya manusia Indonesia kurang kompetitif di kancah internasional. SMK menghadapi sejumlah tantangan dalam upaya memenuhi tujuan pendidikan kejuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program praktik kerja industri di SMK melalui evaluasi program dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Model CIPP digunakan dalam metodologi teknik evaluasi program kuantitatif dengan cara pengumpulan data menggunakan survei. Empat puluh lima siswa SMK dipilih secara acak untuk menjadi sampel penelitian. Temuan menunjukkan bahwa meskipun komponen CIPP dari penilaian program praktik kerja industri cukup kuat, komponen produk memerlukan peningkatan melalui tinjauan terhadap kemampuan yang telah diperoleh siswa dari pelaksanaan praktik kerja industri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...