Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1, Juni 2023

IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN OLAH TUBUH PADA KURIKULUM MERDEKA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN)

Eldiene Zaura I'tamada (Universitas Negeri Malang)
M.E Winarno (Universitas Negeri Malang)
Imam Hariadi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran jati diri mengenai pembiasaan aktivitas fisik dan pengembangan motorik siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan systematic random sampling dengan jumlah 18 guru dan kepala sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen wawancara dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pergantian kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belum sepenuhnya dilaksanakan pada semua sekolah di Kota Batu, pelaksanaan yang dilakukan dalam proses realisasi kurikulum merdeka belum seutuhnya terjadi karena pada aspek evaluasi pendidik dan lembaga masih mengatur lebih lanjut penerapan yang akan direalisasikan. 18 pendidik menyatakan bahwa masih belum memiliki instrumen yang valid dan sesuai dengan kemampuan siswa yang dapat memberikan skor atau kategori terkait dengan motorik dan aktivitas fisik anak. 11 pendidik menggunakan data observasi pada proses pembelajaran, 6 menggunakan checklist pada kurikulum 2013 dan 1 lainnya menggunakan tes motorik tanpa penyajian skor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gpji

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of ...