Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 5, No 2 (2021): VOL 5. NO. 2 DESEMBER 2021

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING DI ERA COVID-19 PADA CLUB F1 TAEKWONDO DI KOTA MALANG

Muhammad Teguh Prasetyo (Universitas Negeri Malang)
Wasis Djoko Dwiyogo (Universitas Negeri Malang)
Eko Hariyanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa pembelajaran taekwondo berbasis blended learning agar dapat mempermudah atlet untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan kognitif atlet. Pembelajaran taekwondo terdapat beberapa aspek yang harus dipelajari untuk mencapai tujuan pembelajaran taekwondo, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang dapat mempermudah dan memaksimalkan hasil belajar atlet. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu model rancangan berbasis blended learning yang memiliki 9 langkah, yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber belajar dan kendala, identifikasi karakterisitik pebelajar, menentukan tujuan pembelajaran, memilah dan menentukan strategi pembelajaran, mengembangkan sumber belajar, uji coba, revisi dan prototipe pembelajaran berbasis blended learning. Produk yang dihasilkan yaitu buku cetak yang dilengkapi dengan scan QR Code, multimedia interaktif berupa articulate storyline, dan aplikasi online menggunakan google classroom. Hasil belajar pada setiap pertemuan mengalami peningkatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gpji

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of ...