Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): Juni

Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Keagamaan Melalui Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar

Mukhlas Triono (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Budi Santoso (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari artikel ini adalah untuk menjelaskan pentingnya penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui pembelajaran umum, dalam hal ini pendidikan Matematika. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi. Adapun langkah-langkah penelitian kepustakaan yang akan dilakukan dalam penelitian ini, meliputi; menyiapkan alat perlengkapan, menyusun bibliografi kerja, mengatur waktu dan membaca dan membuat catatan penelitian. Dalam penelitian ini, sumber data yang diperoleh dari literatur-literatur yang relevan seperti buku, jurnal atau artikel ilmiah yang terkait dengan topik yang dipilih Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi terkait, baik secara manual maupun digital. Setelah data terkumpul, dilakukan display, reduksi dan konstruksi sehingga muncul konsep baru yang utuh dan kekinian. Penelitian ini menghasilkan perlunya penguatan pendidikan karakter religius melalui pendidikan Matematika di sekolah dasar. Penguatan pendidikan karakter religius dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat dilihat melalui integrasi materi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...