Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
Vol 15, No 2 (2023): Edisi Desember 2023

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa

Nurmawaddah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision), baik sebelum ataupun sesudah diterapkan. Penelitian ini berusaha untuk merespon kesulitan siswa dalam mempelajari bahasa arab karena menekankan kemampuan hafalan dan juga proses pembelajaran yang dilakukan masih didominasi dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu penelitian pre-experimental dengan desain penelitian Intact-Group Comparison. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pemberian tes (Pretest-Posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa yang berjumlah 54 orang. Dari data yang diperoleh diketahui bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan penguasaan bahasa Arab bagi siswa. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

foramadiahi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

FORAMADIAHI is a peer-reviewed journal on education,especially Islamic Education, share knowledge and information about research report on whole aspects of Islamic education integrated with all sciences, publicate qualified articles to show the development of Moslem scholars publications. ...