Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 10 No 1 (2024): Jurnal Math Educator Nusantara

Meta-Analisis investigasi model kelas terbalik pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa matematika: Analisis efek gabungan dan heterogenitas

Dona Ningrum Mawardi (Unknown)
Endang Sulistyowati (UIN Sunan Kalijaga)
Julham Hukom (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model flipped classroom terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan meta-analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah 18 penelitian primer yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak meta-analisis komprehensif (CMA). Hasil analisis menggunakan pendekatan random-effect menunjukkan bahwa effect size gabungan adalah (g = 1.82; p < 0.01) (Efek sangat Besar). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model flipped classroom memberikan pengaruh yang besar terhadap HOTS matematika siswa jika dibandingkan dengan model pembelajaran tradisional. Hasil analisis variabel moderator menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model flipped class terhadap HOTS matematika siswa berbeda secara signifikan berdasarkan variabel tipe publikasi (Qb = 7.94; p = 0.01). Namun tidak berbeda nyata berdasarkan variabel tingkat pendidikan (Qb = 7.45; p = 0.06), kapasitas kelompok eksperimen (Qb = 0.29; p = 0.62), dan tahun publikasi (Qb = 0.21; p = 0.64). Temuan-temuan tersebut dapat menjadi dasar pemilihan model pembelajaran matematika sehingga kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model flipped classroom dapat ditingkatkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...