Membaca merupakan komponen penting dalam kehidupan akademis. Keberhasilan mahasiswa sangat bergantung pada cara mereka memproses bacaan mereka. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi kesulitan dalam membaca dalam beberapa hal. Dalam hal ini, mahasiswa harus mampu mengatur sendiri aktivitas membaca mereka di dalam dan di luar kelas. Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh membaca pemahaman dan self regulated learning terhadap keterampilan menulis mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Dwi Sakti Baturaja sebanyak 35 orang.Instrumen yang digunakan adalah pretest dan postest. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji-t dan uji F. Temuan menunjukkan bahwa pengaruh antara membaca pemahaman dan self-regulated learning terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil postest yang mengalami peingkatkan dengan rata-rata 60,7. instruksi membaca harus disusun untuk mengembangkan pembelajaran yang diatur sendiri oleh mahasiswa. Dengan kata lain, dosen harus mengondisikan instruksi untuk meningkatkan pengaturan diri mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024