Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 1 (2024): EDUNOMIKA

PENGARUH ETHICAL BEHAVIOR PENJUAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI MODERASI

Hendri Khuan (Philippine Women’s University)
Hariyono Hariyono (STKIP PGRI NGANJUK)
Irine Diana Sari W (Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta)
Ikram Yakin (Universitas Tanjungpura)
Eva Desembrianita (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Loyalitas pelanggan bergantung pada banyak faktor, termasuk kepercayaan mereka, kepuasan terhadap penjual, dan perilaku etis penjual. Dengan kata lain, pelanggan sangat diberdayakan sehingga semuanya disediakan. Peneliti lebih lanjut mencatat bahwa memenuhi dan melampaui harapan pelanggan tidaklah mudah dalam industri yang kompetitif, termasuk industri pakaian olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ethical behavior penjual terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan sebagai moderasi. Analisis saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metodologi pengumpulan data yang digunakan melibatkan pengiriman kuesioner yang telah menerima sekitar 150 tanggapan responden. Dalam penelitian ini, populasi nya adalah pelanggan pakaian olahraga yang ada di Indonesia, dan metode analisisnya menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ethical behavior berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan kepercayaan mampu memoderasi ethical behavior terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Ethical Behavior, Kepercayaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...