JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2023): March - August 2023

The Effectiveness of Metacognitive Instruction on Increasing Students' Numertion Ability

Abd. Rozak (Unknown)
Ama Noor Fikrati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Kemampuan numerasi membantu siswa memiliki kepekaan terhadap informasi dan kemampuan penalaran dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas instruksi metakognitif terhadap kemampuan numerasi siswa SD. Metode penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan pendekatan pretes-postes pada satu kelompok. Sampel penelitian adalah 29 siswa kelas V SDN Ngumpul Jogoroto Jombang. Data dikumpulkan dengan metode tes menggunakan soal pretes dan postes AKM Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbud. Analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruksi metakognitif dalam pembelajaran efektif meningkatkan rata-rata kemampuan numerasi siswa. Pelibatan metakognitif dirasa perlu baik dalam proses pembelajaran, media atau alat peraga maupun instrumen pendukung lainnya berkaitan kemampuan numerasi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...