Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 8, No 1 (2024): EDUNOMIKA

KELANGSUNGAN HIDUP UMKM DI TENGAH DAN PASCA PANDEMI COVID-19: DIGITAL MARKETING STRATEGY

Totoh Tauhidin Abas (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ridwansyah Ridwansyah (Universitas Islam Negeri Lampung)
KMT Lasmiatun (UNIMUS)
Achmad Alfian (Universitas Katolik Musi Charitas Palembang)
Zunan Setiawan (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis strategi bisnis UMKM dengan digital, khususnya pada digital marketing pada saat dan pasca pandemic covid-19. Penelotian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Dalam mengumupulkan data peneliti menggunakan instrument observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di daerah Cikarang Timur, Bekasi. Lalu data di Analisa dengan Teknik Interaktif model. Hasil dari penelitin ini adalah UMKM menghadapi persoalan baru yang lebih serius, antara lain produksi yang terbatas, kesulitan menganalisis kebutuhan pasar, pesaing yang melek digital, penjualan dan produksi yang menurun, serta distribusi yang terbatas. Akhirnya, UMKM harus memahami dan menerapkan digital untuk mengatasi masalah ini. Pemasaran digital menargetkan berbagai wilayah dan negara (ekspor). UMKM harus tangguh beradaptasi dengan permasalahan digital. Analisis SWOT membantu UMKM menerapkan dan mengintegrasikan penggunaan digital untuk bisnis mereka mereka. Kata kunci: UMKM, Pasca Pandemic dan Pemasaran Digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...