Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
Vol 9, No 1 (2024)

Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Non-akademik Bidang Seni Siswa Autis

Suprihatin, Suprihatin (UNJ)
Erlani, Lalan (UNJ)
Merdeka, Yusuf Bachtiar (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

AbstrakKeterlibatan orang tua dalam mendidik anak sangat membantu tumbuh kembang anak autis, dan tidak jarang ada anak yang mampu meraih prestasi sesuai minat dan bakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi orang tua, faktor pendukung dan faktor penghambat yang memungkinkan orang tua berpartisipasi dalam meningkatkan prestasi non akademik bidang seni siswa autis di SLB Negeri 11 Jakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan model Inkuiri Naratif. Setting penelitian akan dilakukan di sekolah dengan sampel 2 orang pasangan orang tua yang memiliki anak autis kelas 4 SD dan SMA 11 di SLB Negeri 11 Jakarta dan mempunyai prestasi non akademik di bidang seni. Terdapat pula sumber data tambahan berupa dokumen dan wawancara dengan pihak sekolah seperti guru kelas. Data penelitian ini merupakan bentuk partisipasi orang tua terhadap prestasi yang diraih anak autis serta faktor pendukung dan penghambatnya. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan adalah membercheck. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 bentuk partisipasi orang tua yaitu dalam memilih sekolah, pembiayaan sekolah, komite sekolah, dan menyelesaikan masalah anak. Selain itu, faktor pendukung yang ditemukan terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal, sedangkan faktor penghambat hanya berasal dari eksternal. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UNIK

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially special education. The scope of the Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa in the field of special education, especially children experiencing barriers to physical, ...