Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
Vol 9, No 1 (2024)

Pola Komunikasi Siswa dengan Hambatan Majemuk

Maulidina, Citra Ashri (UNJ)
Taboer, Mohammad Arif (unj)
Zalfalia, Eryka (unj)
Amani, Dwi Aisyah (unj)
Jaya, Indra (unj)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Komunikasi merupakan suatu kemampuan fundamental yang perlu dimiliki oleh setiap anak untuk dapat memahami dan mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi. Hal ini menjadikan kemampuan komunikasi harus dikembangkan pada setiap anak, termasuk anak dengan hambatan majemuk. Anak dengan hambatan majemuk sering kali memiliki masalah dalam berkomunikasi yang membuat mereka sulit terhubung dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, anak dengan hambatan majemuk perlu mendapatkan stimulasi lebih dalam mengembangkan kemampuan komunikasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi anak dengan hambatan majemuk di lapangan dengan pola komunikasi yang seharusnya serta bagaimana kemampuan komunikasi tersebut dapat distimulasi dengan tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat anak dengan hambatan majemuk yang memiliki kemampuan komunikasi jauh di bawah kemampuan yang seharusnya dan perlu mendapatkan program untuk menstimulasi kemampuan komunikasi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UNIK

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially special education. The scope of the Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa in the field of special education, especially children experiencing barriers to physical, ...