Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga bertujuan sebagai upaya untuk memilih metode yang tepat dalam pembelajaran fiqih. Hal ini dikarenakan penerapan cara yang sesuai pada saat belajar mengajar akan sangat berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini termasuk kedalam field research dengan pengambilan data melalui observasi, dokuentasi dan wawancara. Pendidikan yaitu upaya yang dilaksanakan dengan sengaja dan tersusun guna mencapai suatu proses pengajaran supaya siswa dapat menemukan dan mengengembangkan potensi yang ada pada dirinya masing-masing. Oleh sebab itu, dalam proses pembelajaran membutuhkan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan sempurna, yaitu rangkaian tindakan sistematis yang dilakukan oleh guru dalam mengajar suatu materi pelajaran. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demosntrasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Ma’arif 5 Sekampung lampung timur peneliti menganalisa proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dengan memperagakan materi fiqih yang sedang dipelajari seperti sholat kemudian peserta didik mengikutinya. Dalam melakukan penilaian pada peserta didik dilakukan dengan mengadakan ujian praktik dan ujian tertulis perihal materi sholat. Dengan begitu peserta didik tidak hanya mendapatkan materi tetapi juga pengalaman dan pembelajaran secara langsung. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.
Copyrights © 2024