Borobudur Educational Review
Vol 4 No 1 (2024)

Pengaruh model pembelajaran Number Head Together terhadap kerjasama siswa

Eliyana, Hastuti (Unknown)
Wijayanto, Sukma (Unknown)
Triana, Putri Meinita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together terhadap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri Sewukan 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dipilih menggunakan Teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kerjasama siswa. Uji validitas instrument angket dilakukan oleh ahli dan diujikan statistic parametric dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25 sama halnya dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Dengan analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Stastitic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata hasil posttest sebanyak 3,03 yang lebih besar dibandingkan dengan hasil dari pretest dengan perolehan rata-rata nilai 2,65. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Paired Sampel T Test yang menunjukkan sebesar 0,000 dengan nilai signifikan lebih kecil dari < 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan atas hasil pretest dan posttest dengan menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berpengaruh secara signifikan terhadap kerjasama siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...