Keterampilan mengajar guru sangat diharapkan pada sangat mengajar ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekalian meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keterampilan mengajar guru akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 57, siswa kelas XII IPS berjumlah 46 dan Jumlah sampel penelitian ini 51 orang siswa yang ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane/Slovin. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel keterampilan mengajar guru (X) sebanyak 40 pertanyaan sedangkan variabel motivasi belajar (Y) sebanyak 30 pertanyaan. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi produk moment menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai Sig. (2-tailed) rhitung > rtabel = 0,367 > 0,281. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signnifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana.
Copyrights © 2024