Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK: STUDI KASUS PADA SISWA SMA 5 ENREKANG

Nurdin Nurdin (Universitas Muhammadiyah Enrekang)
Zaid Zainal (Primary Teacher Education, Makassar Public University)
Khaerani Nurdin (Universitas Gajah Mada)
Sardia Sardia (4SMAN 5 Enrekang)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Sebuah penelitian kualitatif deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan hasil Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa di Sma Negeri 5 Enrekang.Tiga orang.Subjek diambil dari tiga kemampuan awal yang berbeda, kemudian subjek diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematik dan diwawancarai Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek berkemampuan dasar tinggi (S1) memiliki kemampuan berpikir kritis pada indikator Focus, Reason, Situation, Clarity, dan Overview. Subjek berkemampuan dasar sedang (S2) memiliki kemampuan berpikir kritis pada indikator focus, Reason, Situation dan overview. Subjek berkemampuan awal rendah (S3) memiliki kemampuan berpikir kritis pada indikator kriteria Fokus dan Situation. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya cara menjawab soal siswa, cara memberikan alasan dan cara menyimpulkan jawaban siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...