Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui pengaruh pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap penguasaan konsep fisika mahasiswa pada materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttes design. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test, hasil uji independent sample t test untuk data pretest pada nilai sig (2-tailed) adalah 0,847 dan nilai ini lebih besar dari 0,05 artinya kemampuan awal penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda signifikan secara statistik. Sedangkan hasil uji independent sample t test untuk data posttest nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 dan nilai ini lebih kecil dari 0,05 artinya rata-rata kemampuan akhir penguasaan konsep kelas eksperimen (75,61) dan kelas kontrol (64,61) berbeda signifikan secara statistik dengan perbedaan rata-rata sebesar 11. hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 5E dapat dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi Hukum Newton.
Copyrights © 2024