Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 6 No. 2 (2024): Juni

Pengaruh Strategi Discovery Learning dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika

Sholikhan, Sholikhan (Unknown)
Sayyadi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1)perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara penerapan pembelajaran discoveri dengan ekspositori (2). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mempunyai kemampuan gaya kognitif field independent dengan field dependent. (3).Pengaruh interaksi pembelajaran discoveri dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang melibatkan 120 siswa SMA, dengan rancangan percobaan analisis factor 2x2, dan rancangan penelitian pre test post test control group design. Ada 3 variable yang digunakan yaitu variable bebas strategi pembelajaran discoveri, dan variable terikat kemampuan pemecahan masalah, sedang gaya kognitif sebagai variable moderator. Data gaya kognitif diperoleh melalui angket, sedangkan data tentang kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah, antara penerapan pembelajaran discoveri dengan ekspositori (2). Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mempunyai kemampuan gaya kognitif field independent dengan field dependent; 3) ada pengaruh interaksi antara pembelajaran discoveri dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...