Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 11 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengaruh Karakter Religius dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Profil Pelajar Pancasila di SDIT-Kersana

Yuhanit Nur Khabibah (Universitas Muhadi Setiabudi)
Rila Melyana Fitri (Universitas Muhadi Setiabudi)
Laelia Nurpratiwiningsih (Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh karakter religius peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; dan (3) mengetahui pengaruh karakter religius dan motivasi belajar peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survei. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDIT Nurul Hidayah Kersana Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t, F, dan analisis koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh yaitu (1) karakter religius peserta didik berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; (2) motivasi belajar peserta didik berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; dan (3) karakter religius dan motivasi belajar peserta didik berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana. Perolehan pengaruh tersebut sebanyak 71% yang mengandung makna bahwa pengaruh karakter religius dan motivasi belajar peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana adalah pengaruh yang kuat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...