Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran atau bahan ajar dalam membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas e-modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini ialah 10 peserta didik kelas XII MIA 1, 2 guru kimia, 1 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli media. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e- modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam memperoleh persentase validitas ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 83,6% dan 85% dengan kriteria sangat valid. Untuk persentase praktikalitas guru diperoleh nilai sebesar 93,3% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 89,6% dengan kriteria sangat menarik. Maka dari itu e modul dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024