ABDIMAS SILIWANGI
Vol. 7 No. 2 (2024): Juni 2024

Pelatihan pengajaran hafalan quran melalui metode ritme otak sebagai upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru Madrasah Diniyah Kecamatan Pangalengan

Dinar Nur Inten (Universitas Islam Bandung)
Helmi Aziz (Universitas Islam Bandung)
Haditsa Qurani Nur Hakim (Universitas Islam Bandung)
Dewi Mulyani (Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman utama hidup seorang muslim, maka oleh karena itu kewajiban setiap muslim untuk mampu membaca Al-Quran dan mengajarkannya dengan baik dan benar. Namun dengan banyaknya anak yang belajar di madrasah diniyah menjadikan para guru kebingungan dalam menentukan metode yang tepat dan bermakna dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Sehingga hal ini berdampak terhadap kurangnya kemampuan anak dalam membaca Al-Quran. Oleh karena itu tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengenalkan guru-guru madrasah pada sebuah metode mengaji dan menghafal Al-Quran bagi anak madrasah yang menarik dan menyenangkan dengan melibatkan ragam kecerdasan. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu Community-Based Participatory Research (CBPR) merupakan sebuah metode yang berupaya memfasilitasi masyarakat dalam meningkatan kualitas akademik, yaitu kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Hasil pengabdian membuktikan dengan adanya pelatihan metode Ritme Otak untuk hafalan Quran, pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan metode pengajaran dan hafalan Al-Quran meningkat, dan hal ini berdampak terhadap tumbuhnya minat anak madrasah akan membaca dan menghafal Al-Quran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...