Perangkat pembelajaran yang biasa digunakan di SMP Negeri 1 Karangrejo tidak terlalu beragam, sehingga siswa mudah bosan dan kesulitan memahami materi yang dipelajari. Hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Karangrejo khususnya pada bidang statistika masih berada pada tingkat yang tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang membuat pembelajaran lebih efektif dan membantu siswa memahami isinya. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) . Maka, diperlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis strategi scaffolding yang menstimulasi berpikir siswa dengan serangkaian petunjuk, memberikan dukungan yang diperlukan pada materi statistika, dan membantu siswa memahami konsep-konsep dalam materi. Hasil penelitian terbukti “valid” dengan presentase gabungan sebesar 89% berasal dari validasi ahli materi dan ahli media. ” Praktis ” dengan hasil angket respon siswa menyumbangkan 84% dari uji coba terbatas, dan hasil dari 86% uji coba lapangan, serta ”Cukup efektif” dengan hasil uji coba terbatas 60% dan hasil uji coba lapangan 62%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini valid, praktis, serta cukup efektif dan layak digunakan sebagai bahan tambahan ajar di sekolah tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024