Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 10, No 2 (2024): Lemma: Letters of Mathematics Education

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA PADA MATEMATIKA

Annisa, Annisa (Unknown)
Pandra, Viktor (Unknown)
Fauziah, Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya penerapan model pembelajaran yang tidak tepat dan kurang optimal dalam menggunakan media belajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melakukan kajian literature review terkait Model Discovery Learning (DL)  berbantuan Media Alat Peraga pada Matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi semua artikel yang terkait dengan penelitian serupa. Artikel yang digunakan sebanyak 12 artikel jurnal yang diperoleh dari database google scholar yaitu aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa model Discovery Learning (DL) berbantuan alat peraga pada matematika meningkatkan pemahaman konsep siswa, minat belajar siswa, kreativitas siswa, hasil belajar siswa,  serta aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian,  penggunaan model Discovery Learning (DL) dengan alat peraga dapat membantu siswa dalam memahami dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...