Penelitian ini dilatarbelangi kurang optimalnya penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan berdampak pada hasil belajar siswa Kelas IV SDN 3 Akar-Akar menurun. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Aka-Akar menggunakan bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 3 Akar-Akar, yang berjumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data secara deskriftif kuantitatif, sedangkan data penelitian diolah dengan persentase skor individu maksimal 75 sedangkan skor klasikal 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 3 Akar-Akar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan mencapai 65% (kategori belum tuntas) pada siklus II meningkat dengan prosentase ketuntasan mencapai 95%, sehingga dapat dikatakan telah mencapai ketuntasan. Peningkatan terjadi seiring dengan meningkatnya motivasi siswa, semakin tinggi motivasi maka siswa akan seakin giat belajar dan hasil belajarpun akan meningkat.
Copyrights © 2024